Selasa, 30 Oktober 2012

Merawat Bayi Hamster dari Lahir Hingga 6 Minggu




babies-1day
Newborns (Baru Lahir)

Hal utama yang harus kita perhatikan terhadap bayi yang baru saja lahir (biasanya berwarna merah / pink) adalah mata mereka yang masih tertutup dan akan tetap tertutup untuk sementara waktu namun hal ini tidak mempengaruhi kesehatan bayi hamster. Hari pertama akan mereka habiskan dengan menyusu dan mendecit semaunya.
Pastikan selalu tersedia makanan dan minuman yang lebih selama masa menyusui, terutama makanan berprotein tinggi seperti telur rebus, omelet, keju, roti tawar, tahu dan minyak ikan yang biasa dijual di petshop.
jika teman2 kebetulan melihat sang induk sedang memakan bayi2nya, pasti ada alasan untuk itu. terkadang alasannya tidak masuk akal, mulai dari bayi yang cacat, lemah atau mati atau hanya sang induk yang tahu jarang sekali sang induk memakan bayi2nya hanya karena kebanyakan bayi. Jika makanan, minuman dan bedding lebih dari cukup maka tidak ada alasan untuk “mengurangi” bayi2nya.
hamsters_babiesday2
Babies – day 1 (Hari Pertama)
2 hari berikutnya, bayi hamster mulai menunjukkan tanda-tanda pigmentasi pada kulit yang hanya terjadi pada bayi hamster yang akan memiliki warna coat yang gelap.
babies-5days
Babies – day 5 (Hari Kelima)

Hari ke5-7, bulu hamster akan tumbuh sedikit demi sedikit. terjadinya pigmentasi pada kulit. terbentuknya telinga dan mata menghitam dan mulai berkembang.
hamsters_day7
Babies 8 day (Hari Kedelapan)

hari 8-9, sang induk mulai memperkenalkan makanan solid ke bayi2nya dengan membawa makanan tersebut ke sarangnya untuk dimakan anak2nya. sang induk mulai mengurangi aktivitas menyusui.
baby_hamsters_day10
Babies – 10 days (Hari Kesepuluh)

pada hari ke 10, bayi hamster akan tertutup bulu pendek secara penuh dan mulai menjelajah kandang untuk mencari makanan keras (biji, pellet dll) walaupun mata mereka masih tertutup. pastikan tersedia makanan dan minuman yang cukup untuk induk dan bayi2nya.
makanan berprotein dan berserat tinggi sangat baik untuk pertumbuhan bayi2 hamster (c/ potongan wortel, brokoli dan telur rebus). bayi hamster terlahir dengan gigi yang sudah tumbuh, makanan seperti pelet juga baik untuk membiasakan giginya menerima makanan solid.
Contoh Makanan Sehat:…
Apel
Pir
Pisang
Wortel
Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kerontokan bulu)
Kentang (harus direbus dulu)
Kacang tanah
Kacang kulit
Kacang mete
Kacang almond
Kacang kedelai
Roti tawar
Biskuit Cracker
Oatmeal
Corn Flakes

baby_hamsters_day12_0270
Babies – 12 days (Hari Keduabelas)

Pada masa ini dirasa aman untuk memegang sebentar bayi hamster tersebut sehingga kita dapat membersihkan kandang secara menyeluruh dimana sebelumnya kita tidak dapat membersihkan selama masa kelahiran bayi hamster. pada umur sekian, bayi hamster membutuhkan makanan berprotein tinggi untuk pertumbuhan jadi memberikan porsi makanan yang sama untuk ibu hamster. buah segar seperti wortel dan apel juga dapat diberikan. pastikan tempat makan dan tempat minum dapat dijangkau oleh bayi hamster!
step pada saat membersihkan kandang:
- pindahkan induk terlebih dahulu, disusul bayi2nya ke kontener sementara.
- bersihkan kandang secara menyeluruh
- masukkan kembali induknya.. kemudian disusul bayi2nya

baby_hamsters_14
Babies – 14 days (Hari Keempatbelas)

Pada usia ini, mata hamster mulai terbuka sepenuhnya.
Sampai umur 3 minggu, bayi hamster akan tetap disusui oleh induknya walaupun terkadang mereka tetap menyusu walau susu induknya telah habis. Gigi mereka sudah tumbuh sempurna dan akan makan semua yang diberikan untuk membantu pertumbuhannya. Percaya atau tidak, hamster dapat berkembangbiak pada umur sekecil ini, oleh karena itu segera pisahkan berdasarkan jenis kelaminnya kedalam kandang yang berbeda. termasuk juga sang induk yang sudah siap untuk bereproduksi kembali.
Babies – 3 weeks
jika kita memelihara Syrian, kita akan mulai melihat tanda-tanda insting soliter pada 2-3 minggu pertama. Berkelahi juga mulai sering terjadi, maka perhatikan supaya mereka tidak saling gigit / cakar / bunuh atau segera pisahkan ke beda kandang. porsi makan yang berprotein tinggi masih diperlukan pada umur-umur sekian. pada tahap ini, bisa disarankan untuk memisahkan bayi hamster dari induknya untuk membangkitkan percaya diri dan supaya mereka mulai terbiasa dengan manusia (kita).
Minggu kelima – keenam
Kita mulai berhadapan dengan hamster muda yang siap untuk dipindahkan ke kandang yang tersendiri. Untuk Syrian, sebaiknya kita segera siapkan kandang baru. Remember: one Syrian per cage!
siria bisa “dipaksa” hidup komunal/berkelompok. Asal dari kecil dibiasakan untuk dicampur. Selain itu kandang harus cukup besar. Karena siria tuh suka jalan2. Jadi usahakan sesedikit mungkin untuk kontak dengan siria lain.
Sedikit share, di rumah saya memakai 3 akuarium ukuran 1 m x 0,5 m x 0,5 m untuk piara siria. 1 akuarium untuk jantan, 1 akuarium untuk betina, dan 1 akuarium untuk anak2 sapih (umur 3 minggu ke atas). Setelah umur 2 bulan, mereka di gabung di akuarium dewasa, sesuai jenis kelamin). Kenapa saya pisah menurut jenis kelamin? Soalnya siria tuh demen banget kawin. Nah, untuk menjodohkan mereka, saya pakai kandang sendiri. Nanti kalo udah hamil, yang jantan diangkat dimasukin ke akuarium jantan, yang betina didiemin di situ sampe melahirkan.
untuk lahiran itu sebenernya mudah.. dicukupi makanan dan minuman nya.. + ditambah vitamin (vitagel/nutriplus gel)
dan untuk mengenai kelahiran… ada beberapa kasus yg menyatakan bahwa untuk kehamilan pertama dan jumlahnya banyak memang wajar apabila ada beberapa atau semua anak yang meninggal.. ini bisa disebabkan oleh faktor usia si betina, faktor lingkungan atau faktor jenis (ada beberapa hamster yg memang sulit diternak kan seperti contoh jenis2 Rare)
1. Apabila usia betina masih muda.. dan ini kelahiran pertama masih wajar apabila induknya kurang telaten dlm merawat/menyusui si baby ini tp di next kemungkinan besar bisa di rawat (berdasarkan pengalaman pribadi)
2. Lingkungan/kondisi kandang, Untuk lingkungan dlm merawat baby disarankan di kondisi yang tenang, aman dan jauh dari hiruk pikuk manusia. banyak induk hamster yg memakan anaknya sendiri (dlm upaya melindungi anaknya) karena merasa terancam dengan keadaan di luar kandang. CMIIW
3. faktor jenis.. ada beberapa jenis campbell yang memang susah ngelahirkan dan memang bukan tipe induk yg baik, ini bisa dilihat dari beberapa jenis hamster yang berkatagorikan RARE seperti (lilac, Blue Fawn, Lilac Platinum dll).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar