Selasa, 30 Oktober 2012

Jenis - jenis Hamster beserta kelebihan dan kelemahannya


Di Indonesia saat ini terdapat berbagai jenis hamster yang dikelompokkan menjadi 5 macam, yaitu: Hamster Syrian, Hamster Mini Campbell, Hamster Mini Winter White, Hamster Mini Roborovski, dan Hamster Mini Hybrid. Berikut kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis hamster tersebut:

1. Hamster Syrian

Hamster Syrian ini di Indonesia memiliki berbagai sebutan antara lain: hamster lokal, giant hamster dan hamster Australia.

  • Kelebihan Hamster Syrian: Hamster ini besar dan gerakannya relatif lambat dibanding jenis yang lain sehingga sangat cocok bagi anak-anak. Mudah dipegang dan mudah dijinakkan. Hamster Syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak. Kelebihan lainnya adalah hamster Syrian adalah satu-satunya jenis hamster yang memiliki jenis bulu panjang (long hair). Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya.
  • Kekurangan Hamster Syrian: Hamster ini kurang populer lagi sekarang di Indonesia, walaupun di luar negeri hamster jenis ini masih sangat populer karena sebagian besar show hamster adalah untuk memperlombakan jenis ini. Kekurangan lainnya adalah pengeluaran uang yang lebih besar untuk makanan, kandang dan serbuk kayu, tentu saja karena ukuran tubuh yang besar memerlukan segala sesuatunya dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu hamster Syrian yang kita temui di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami penurunan kualitas akibat diternakkan secara massal tanpa memperhatikan masalah gizinya.

2. Hamster Mini Campbell

Hamster Campbell adalah hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu. Hamster ini termasuk dalam kelas hamster mini dengan ukuran dewasanya 9 - 12 cm. Karakter yang menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang lebih 'berani' dibanding hamster jenis lain.

  • Kelebihan Hamster Campbell: Hamster ini memiliki banyak variasi warna dan tipe bulu sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Hamster ini termasuk pandai untuk ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan bagi Anda untuk menjinakkan hamster-hamster Campbell yang selama ini dikenal galak.
  • Kekurangan Hamster Campbell: Karena banyaknya hamster campbell yang "salah asuh" dan menjadi galak, tentu saja hamster ini tidak cocok bagi anak kecil dan orang yang tidak rela mendapat satu atau dua gigitan. Hamster ini sering diternakkan secara massal sehingga kualitasnya banyak yang menurun, sama seperti hamster Syrian.

3. Hamster Mini Winter White

Hamster Winter White memiliki penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tapi ada beberapa perbedaan ciri fisik. Hamster winter white dewasa sedikit lebih kecil dibanding hamster campbell, yaitu berukuran 7 - 9 cm. Umumnya memiliki 3 jenis variasi warna : Normal, Sapphire, dan Pearl.

  • Kelebihan Hamster Winter White: Persentase hamster winter white yang jinak lebih banyak dibanding jenis hamster mini yang lain. Hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.
  • Kekurangan Hamster Winter White: Menurut pendapat saya sendiri hamster ini lebih malas dibanding hamster jenis lain, seperti lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibanding bermain. Hamster winter white juga ada yang galak dan menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.

4. Hamster Mini Roborovski

Hamster paling kecil diantara semuanya. Hamster dewasanya hanya berukuran sekitar 5 cm. Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat. Cenderung lebih takut pada manusia dibanding yang lain.Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi, yaitu : normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dengan perut putih.

  • Kelebihan Hamster Roborovski: Salah satu hamster yang paling digemari juga karena ukurannya yang paling kecil dan mukanya yang paling berbeda dibanding hamster lain. Lincah dan suka bermain jadi terlihat lebih aktif.
  • Kekurangan Hamster Roborovski: Sulit dipegang karena biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia. Terlalu kecil untuk digenggam dengan nyaman. Sifatnya terlalu penakut. Hamster yang paling tidak cocok untuk anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara binatang.

5. Hamster Hybrid
Yang dimaksud dengan hamster hybrid adalah hamster yang lahir dari hasil silangan hamster campbell dan hamster winter white. Hamster ini tidak boleh mengikut show dan biasanya hanya beredar di kalangan hobiist yang suka mengumpulkan jenis-jenis hamster.

  • Kelebihan Hamster Hybrid: Sifatnya hampir sama seperti hamster winter white dan juga dapat berubah warna karena suhu dingin.
  • Kelemahan Hamster Hybrid: Dari beberapa catatan dinyatakan bahwa hamster hybrid lebih rawan terkena penyakit seperti tumor dan diabetes. Dan kelemahan lainnya pun sama seperti hamster winter white.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar