Minggu, 25 November 2012

Hamster Syirian



Ditemukan pertama kali pada thn 1930 oleh I.aharoni. Seorang Profesor Zoologi Universitas Habrew, Yerusalem. Hamster ini pertama kali ditemukan dalam sebuah lubang sepanjang delapan kaki di daerah Padang Pasir Aleppo,Siria. Oleh sebab itu hamster ini dikenal dgn nama hamster siria (syrian hamster). Umur bisa sampai 2 – 2,5 thn,bila dirawat dengan baik. Panjang bisa mencapai 15 – 20 cm bila sudah dewasa.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan : animalia
Filum : chordata
Subfilum : vertebrata
Kelas : mamalia
Ordo : rodentia
Family : cricetidae
Genus : mesocricetus
Spesies : mesocricetus auratus

Macam-macam hamster siria :
syirian short hair, memiliki bulu yang pendek 

syirian long hair, memiliki bulu yang panjang dan lurus

rex, memiliki tekstur bulu agak keriting dan agak mengembang.

satin, memiliki bulu yang mengkilap/glossy dan terlihat basah.


Kelebihan hamster syrian :
badannya besar jadi mudah dipegang bisa mencapai 15-20 cm kl dewasa, variasi warna banyak dan menarik kombinasi warnanya, jinak terhadap manusia, lucu dan untuk long hair bulunya bisa disisir karena panjang dan indah, serta kalau lepas dari kandang gampang dicari dan dipegang karena badannya besar dan geraknya lambat. Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya.

Kekurangan hamster syrian:
makannya banyak, minumnya banyak, sehingga kotorannya juga lebih banyak dan kandang lebih cepat bau, dan bedding atau pasir mesti lebih rajin menggantinya dibanding hamster lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar